Pada
kali ini saya akan membahas tentang SEO. Bagi yang sering berhbungan dengan
website pasti sering mendengar kata SEO. Apakah SEO itu?? SEO atau singkatan
dari "search engine optimization" (pengoptimalan mesin telusur) atau
"search engine optimizer" adalah disiplin pemasaran yang berfokus pada
pertumbuhan visibilitas pada mesin pencari organik(tidak berbayar). Seo
mencangkup baik unsur teknikal dan kreativitas yang dibutuhkan untuk
meningkatkan ranking, lalu lintas data, serta meningkatkan kesadaran pada mesin
pencari.
Sering sekali kita mendengar pertanyaan 'Apakah website saya perlu menggunakan SEO?', 'Kenapa search engine tidak dapat menemukan website saya tanpa SEO?', 'Apakah saya bisa menbuat SEO sendiri?'. Untuk lebih mengerti tentang apa itu SEO, saya menyertakan video singkat tentang apa itu SEO. Oleh karena itu dapat
dilihat dalam video singkat dibawah ini.
Setelah menonton video diatas saya akan menjelaskan panduan singkat tentang SEO. Berikut adalah tahapan yang harus dimengerti:
- Mengerti bagaimana cara search engine beroprasi.
Search engine memiliki
dua fungsi utama : merangkak dan membangun indeks , dan menyediakan pengguna
pencarian dengan daftar peringkat dari situs mereka yang paling relevan.
Bayangkan WWW(World Wide
Web) sebagai jaringan pemberhentian pada sistem kereta ada kota besar. Setiap
perhentian adalah dokumen yang unik ( biasanya halaman web , tapi kadang-kadang
PDF , JPG , atau file lain ) . Mesin pencari membutuhkan suatu cara untuk
" merangkak " ke seluruh kota dan menemukan semua berhenti di
sepanjang jalan , sehingga mereka menggunakan jalur terbaik yang tersedia –
link. Selain itu Search engine biasanya mengasumsikan bahwa semakin populer
situs, halaman, atau dokumen, seharusnya semakin berharga informasi yang
dikandungnya. Asumsi ini telah terbukti cukup berhasil dalam hal kepuasan
pengguna dengan hasil pencarian.
Popularitas dan
relevansi tidak ditentukan secara manual. Sebaliknya, mesin menggunakan
persamaan matematika (algoritma) untuk menyortir gandum dari sekam (relevansi),
dan kemudian untuk peringkat gandum dalam rangka kualitas (popularitas).
- Bagaimana cara orang
berinteraksi dengan search engine.
Berikut ini adalah bagan
tentang bagaimana user berinteraksi dengan search engine.
3.
Mengapa pemasaran Search engine sangat penting.
Sebuah aspek penting
dari SEO adalah membuat website Anda mudah bagi pengguna dan robot mesin
pencari untuk memahami . Meskipun mesin pencari telah menjadi semakin canggih ,
mereka masih tidak dapat melihat dan memahami sebuah halaman web dengan cara
yang sama seperti manusia lakukan . SEO membantu mesin mencari tahu tentang apa
setiap halaman, dan bagaimana hal itu mungkin berguna bagi pengguna
- Dasar dari desain search engine yang friendly dan pengembangannya
Untuk tampil lebih baik
dalam daftar mesin pencari , konten Anda paling penting harus dalam format teks
HTML . Gambar, file Flash, applet Java , dan konten non - teks lain sering
diabaikan atau mendevaluasi oleh search engine crawler, meskipun kemajuan
teknologi crawler . Cara termudah untuk memastikan bahwa kata-kata dan frasa
yang Anda menampilkan kepada pengunjung Anda terlihat ke mesin pencari adalah
untuk menempatkan mereka dalam teks HTML pada halaman. Namun, metode yang lebih
canggih yang tersedia bagi mereka yang menginginkan format yang lebih besar
atau gaya tampilan visual :
- Penelitian kata kunci
Penelitian kata kunci adalah salah satu yang paling
penting , berharga, dan aktivitas dengan pengembalian yang tinggi di bidang
pemasaran pencarian . Peringkat untuk kata kunci yang tepat dapat membuat atau
menghancurkan website Anda . Dengan meneliti permintaan kata kunci pasar Anda ,
Anda tidak hanya bisa belajar yang istilah dan frase untuk menargetkan dengan
SEO , tetapi juga mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan Anda secara
keseluruhan. Berikut adalah cara menilai nikai dari kata kunci:
- Bagaimana kegunaan, pengalaman user dan konten mempengaruhi rangkin dalam search engine.
Search engine terus berupaya untuk
meningkatkan kinerja mereka dengan menyediakan hasil yang terbaik . Sementara
" terbaik " adalah subjektif , search engine memiliki ide yang sangat
baik dari jenis halaman dan situs yang memuaskan pencari mereka . Umumnya ,
situs ini memiliki beberapa ciri-ciri yang sama:
1. Mudah digunakan,
navigasi, dan dipahami.
2. Memberikan langsung informasi
bermanfaat yang relevan dengan query
3. Dirancang secara
profesional dan dapat diakses dengan browser yang modern.
4. Memberikan konten yang
berkualitas tinggi, sah dan kredibel.
- Links dan pertumbuhan
popularitas
- Search Engine Tools dan services
SEO cenderung
menggunakan banyak alat . Beberapa yang paling berguna yang disediakan oleh search
engine sendiri . Search engine ingin webmaster untuk membuat situs dan konten
dalam cara yang mudah untuk diakses , sehingga mereka menyediakan berbagai alat
, analisis dan bimbingan . Sumber daya gratis ini menyediakan titik data dan
kesempatan unik untuk bertukar informasi dengan mesin .
- Mitos dan salah konsep tentang
search engine
- Pengukuran dan kesuksesan pelacakan
Mereka mengatakan bahwa jika Anda dapat
mengukurnya , maka Anda dapat memperbaikinya . Dalam optimasi search engine ,
pengukuran sangat penting untuk keberhasilan . Profesional SEO melacak data tentang peringkat, arahan ,
link , dan lebih untuk membantu menganalisis strategi SEO mereka dan membuat
peta jalan untuk sukses
Untuk saran yang mendasar tetapi juga mendalam, Tabel Periodik Faktor
Sukses SEO di bawah ini , memperkenalkan Anda untuk semua konsep kunci yang
perlu Anda ketahui :
Apabila anda membutuhkan dokumentasi yang lengkap dapat anda download pada
link dibawah ini:
Sumber:
No comments:
Post a Comment