Pada
saat ini kita sangat dimanjakan dengan adanya perkembangan teknologi yang
semakin hari semakin canggih. Dimulai dari telfon dengan tatap muka(live chat) hingga melanja tanpa perlu
pergi ke pasar maupun supermarket(E-commerce).
Namun, Ada yang tahu apakah yang dimaksud dengan E-COMMERCE? Menurut Kalakota
dan Whinston (1997) mendefinisikan E-COMMERCE
(EC) dari beberapa perspektif berikut :
- Dari perspektif komunikasi, EC merupakan pengiriman informasi, produk/layanan, atau pembayaran melalui lini telepon, jaringan komputer atau sarana elektronik lainnya.
- Dari perspektif proses bisnis, EC merupakan aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi dan aliran kerja perusahaan.
- Dari perspektif layanan, EC merupakan satu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen dalam memangkas service cost ketika meningkatkan mutu barang dan kecepatan pelayanan.
- Dari perspektif online, EC kepasitas jual beli produk dan informasi di Internet dan jasa online lainnya.
Pada
intinya E-COMMERCE adalah media jual
beli melalui jasa internet. Berikut adalah video singkat tentang E-COMMERCE untuk membantu pemahaman.
Sama seperti hal lainnya, perkembangan E-Commerce juga memiliki kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah penjelasannya:
Sama seperti hal lainnya, perkembangan E-Commerce juga memiliki kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah penjelasannya:
Manfaat
dari E-COMMERCE adalah:
- Electronic commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.
- Electronic commerce meemberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan, mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.
- Pelanggan bisa menerima informasi relevan secara detail dalam hitungan detik, bukan lagi hari atau minggu.
- Bagi pedagang ataupun penjual dapat mengurangi biaya promosi mereka untuk memasarkan barangnya.
- Elctronic commerce memungkinkan sejumlah barang dagangan dijual dengan harga lebih rendah, sehingga orang yang kurang mampu bisa membeli lebih banyak dan meningkatkan taraf hidup mereka.
Kekurangan
dari E-COMMERCE adalah:
- Pelanggan atau konsumen tidak memepercayai penjual tanpa melihat wajahnya langsung, dengan melakukan penjualan e-commerce ini membutuhkan tingkat kepercayaan yg cukup tinggi. Sehingga pergeseran dari took fisikal ke toko virtual kemungkinan menghadapi kesulitan.
- Ada kekurangan sistem keamanan, kehandalan, standar, dan beberapa protokol komunikasi.
- Vendor-vendor kemungkinan perlu server web yang khusus serta infrastruktur lainnya, selain server jaringan.
- Biaya pengembangan EC dalam rumah bisa sangat tinggi, dan kekeliruan yang disebabkan oleh kurangnya pengalaman bisa mengakibatkan adanya delay (penangguhan).
- Beberapa perangkat lunak EC mungkin tidak akan cocok bagi hardware tertentu, atau tidak bisa dipasang bersama dengan beberapa sistem pengoperasian atau komponenkomponen lain.
No comments:
Post a Comment