Pemodelan geometris merupakan cabang dari matematika terapan dan
komputasi geometri yang mempelajari metode dan algoritma untuk deskripsi
matematika bentuk. Bentuk belajar di pemodelan geometris tersebut
kebanyakan 2D atau 3D, karena 2D adalah model yang penting dalam komputer
tipografi dan gambar teknik. Tiga dimensi model adalah pusat untuk computer
aided design dan manufacturing (CAD / CAM), dan banyak digunakan dalam bidang
teknik seperti sipil dan mechanical engineering, arsitektur, geologi dan medis
pengolahan gambar.
Geometric modeling is a branch of applied mathematics and
computational geometry that studies methods and algorithms for mathematical
description of the shape. Form of study in geometric modeling is mostly 2D or
3D, because 2D is an important model in computer typography and drawing
techniques. Three-dimensional models are central to computer aided design and
manufacturing (CAD / CAM), and is widely used in engineering fields such as
civil and mechanical engineering, architecture, geology and medical image processing.
Geometris model yang bisa ditampilkan pada computer seperti shape/bentuk,
posisi, orientasi, warna/tekstur, dan cahaya. Pada goemetris model juga
terdapat tingkat-tingkat kesulitan untuk membuat suatu obyek seperti menghubungkan
beberapa bentuk sudut pada permukaan bebas karena bentuk sudut tersebut harus
pas dan teliti ukurannya agar gambar terlihat nyata.
Geometric models that can be displayed on a computer such as a
shape / form, position, orientation, color / texture, and light. In goemetris
models also there are degrees of difficulty to make an object such as
connecting some form angles at the free surface due to the shape and angle must
be carefully resized to fit the image look real.
Tranformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model
geometris yang bisa di tampilkan pada suatu komputer:
- shape/bentuk
- posisi
- Orientasi (cara pandang)
- Surface Properties / ciri-ciri permukaan (warna, tekstur)
- Volumetric Properties / ciri-ciri Volumetric (ketebalan/pejal, penyebaran
cahaya)
- Lights/cahaya (tingkat terang,jenis warna)
- Dan lain-lain...
Pemodelan Geometris yang lebih rumit :
- Jalan-jalan segi banyak : suatu koleksi yang besar dari segi bersudut
banyak, dihubungkan satu sama lain.
- Bentuk permukaan bebas : menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah.
- CSG : membangun suatu bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada
bentuk yang primitif.
sumber :
Tranformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model
geometris yang bisa di tampilkan pada suatu komputer:
- shape/bentuk
- posisi
- Orientasi (cara pandang)
- Surface Properties / ciri-ciri permukaan (warna, tekstur)
- Volumetric Properties / ciri-ciri Volumetric (ketebalan/pejal, penyebaran
cahaya)
- Lights/cahaya (tingkat terang,jenis warna)
- Dan lain-lain...
Pemodelan Geometris yang lebih rumit :
- Jalan-jalan segi banyak : suatu koleksi yang besar dari segi bersudut
banyak, dihubungkan satu sama lain.
- Bentuk permukaan bebas : menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah.
- CSG : membangun suatu bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada
bentuk yang primitif.
sumber :
No comments:
Post a Comment