Saat
ini cukup sering kita mendengar istilah web 2.0. Masih banyak diantara kita
yang masih bertanya tanya apa sebenarnya web 2.0 itu. Kalau ada web 2.0 artinya
ada web 1.0. Kapan sebenarnya dimulainya web 2.0. Sebelum membahas perbedaaan antara jenis- jenis yang beredar sekarang
sebaiknya kita bahas lebih dahulu apa itu Web Science.
Web Science dan Sejarah Lahirnya Web Science
Web Science adalah ilmu
pengetahuan untuk membuat dan memanipulasi web, Web adalah kumpulan halaman
yang dapat menampilkan informasi berupa gambar, animasi, tulisan, suara maupun
gabungan dari keseluruhannya yang bersifat statis atau dinamis yang dapat
membentuk rangkaian yang saling terkait yang dihubungkan dengan banyak link.
Science adalah ilmu pengetahuan yang didapat dan bisa menjadi pengetahuan bagi
masyarakat untuk memberi informasi yang akurat.
Kelahiran
Web Science didorong oleh pergerakan generasi Web dari Web 1.0 ke Web 3.0. Sejak
diperkenalkan Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee, perkembangan yang
terjadi luar biasa. Web Science sendiri berdiri
pada tahun 2006 dengan nama Web Science Research Initiative (WSRI). Web Sicence
ini awalnya adalah hasil dari Memorandum of Understanding antara MIT CSAIL dan
University of Southampton, ECS. Ambisinya adalah mengkoordinasi dan mendukung
sentralisasi pembelajaran World Wide Web. Sejak pertama kali diluncurkan,
konsep Web Science sudah menyebar secara meluas dan mengukuhkan diri sebagai
area aktifitas yang penting.
Aktifitas WSRI fokus pada:
(i) artikulasi
agenda penelitian untuk komunitas scientific
(ii) mengkoordinasi
pengembangan materi pembelajaran Web Science
(iii) mengikat
pemikiran tentang kepeminpinan pada sektor yang berkembang ini.
Untuk melanjutkan
aktifitasnya dan mendukung pengembangan Web Science secara global, para
direktur WSRI membuat badan amal-the Web Science Trust (WST). WST berkerja sama
dengan World Wide Web. Golnya adalah untuk mendorong partisipan luas dalam
pengembangan Web Science. the Foundation mempunyai misi untuk meningkatkan Web.
the Trust dan the Foundation mempunyai kesamaan komitmen untuk melanjutkan
disiplin dari Web Science dan akan bekerja bersama pada beberapa proyek yang
memperbaiki pengertian tentag Web Science dan mempromosikan dampak positif Web
Science pada masyarakat luas.
Sejarah Web
Pada
tahun 1980, Tim Bernes-Lee , kontraktor independen di Organisasi Eropa untuk
Riset Nuklir (CERN), Swiss , dibangun Enquire , sebagai database pribadi orang
dan model perangkat lunak, tetapi juga sebagai cara untuk bermain dengan
hypertext. Setiap halaman baru informasi dalam Enquire harus terhubung dengan
halaman yang ada.
Pada
tahun 1984 Berners-Lee kembali ke CERN, dan dianggap permasalahannya presentasi
informasi: fisikawan dari seluruh dunia diperlukan untuk berbagi data, dan
tanpa mesin umum dan tidak ada perangkat lunak presentasi umum. Dia menulis
sebuah proposal Maret 1989 untuk "database hypertext besar dengan link
diketik", tapi itu dihasilkan bunga kecil. Bosnya, Mike Sendall, mendorong
Berners-Lee untuk mulai menerapkan sistemnya pada suatu yang baru diperoleh
NeXT workstation. Ia menilai beberapa nama, termasuk Mesh Informasi, Tambang
Informasi (ditolak karena abbreviates ke TIM, pencipta nama WWW).
Pre-Web (memex, usenet, gopher, ftp, internet)
Pre-web adalah dimana era web 1.0 belum muncul,
berikut ini adalah contoh" dari pre-web:
1.
Memex adalah
singkatan dari "memori" dan "index" yang berarti nama
hipotetis proto-hypertext sistem yang dijelaskan oleh Vannevar Bush pada tahun
1945 pada artikel bulan The Atlantic, " As We May Think (AWMT)".
2.
Usenet adalah
User Network dimana sistem diskusi internet yang terdistribusi secara global.
Sistem ini dikembangkan dari arsitektur serbaguna UUCP dari nama yang sama.
Didalamnya ditampilkan berbagai artikel yang disebut News dalam berbagai topik
dan kategori.
3.
Gopher adalah
TCP/IP Application layer protokol yang didesain fasilitas untuk memudahkan
pencarian, penarikan, dan pengambilan informasi dari server yang mendukung
protokol Gopher melalui internet.
4.
FTP / File
Transfer Protocol adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file
dalam suatu network/jaringan yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP.
WEB 1.0
Standar WEB 1.0 merupakan
bentuk WEB yang paling awal. Hal yang disajikan dalam web ini masih bersifat
statis dan cenderung hanya bersifat informatif.
WEB 2.0
Dalam standar WEB 2.0, WEB sudah merupakan
ajang interaksi antar sesama pengguna misalnya blog pribadi, friendster,
multiply dan lain sebagainya. Bentuk yang menjadi khas pada generasi ini adalah
WEB bukannya hanya merupakan sumber bacaan dan mencari informasi namun juga
sebagai bagian dari interaksi sosial.
WEB 3.0
Generasi terakhir yang masih
menjadi bahan pembicaraan sampai sekarang adalah mengenai WEB 3.0. Definisi dari WEB 3.0 pun masih
banyak diperdebatkan. Berbagai macam definisibanyak disajikan oleh berbagai
pakar. Jika kita mengacu ke Tim berners Lee maka WEB 3.0 Adalah “People keep
asking what Web 3.0 is. I think maybe when you've got an overlay of scalable
vector graphics - everything rippling and folding and looking misty - on Web
2.0 and access to a web semantik integrated across a huge space of data, you'll
have access to an unbelievable data resource.”
Perbedaan Pre-Web, Web 1.0, dan Web 2.0
Dampak Web Science Dalam Bidang Sosial dan Ekonomi
Seperti
yang telah kita ketahui, dalam perkembangan sebuah teknologi pasti memiliki
dampak positif maupun dampak negatif yang berpengaruh dalam lingkungan
sehari-hari. Hal ini juga terjadi dalam dalam perkembangan Web Science. Namun dampak
yang paling telihat adalah dalam lingkungan social dan ekonomi. Berikut adalah
dampak yang ditimbulkan oleh perkembangan Web Science
Dampak Postive Dari Internet Untuk Sosial
1.
Kita bisa
ngobrol lewat social media dengan saudara – teman bahkan orang tua yang
jaraknya jauh dengan daerah yang kita tempati.
2.
Kita jadi lebih
mudah dalam mendapatkan informasi – informasi yang berguna untuk menambah
wawasan serta pengetahuan kita
Dampak Negative dari Internet untuk Sosial
1.
Maraknya
penipuan dari shop online yang mengiming imingi para calon pembeli dengan
memeberikan harga diskon yang menipu , sehingga para calon pembeli tergiur
untuk membeli.
2.
Banyaknya
penculikan yang didasarkan dengan cara mengadakan kopi darat (pertemuan) lalu
korban akan diculik dan bahkan pelaku kadang membunuh korban
3.
Banyaknya anak
dibawah umur yang bebas membuka situs dengan konten dewasa
Dampak Positif Internet untuk Ekonomi
1.
Pertumbuhan
Ekonomi yang semakin tinggi
2.
Terjadinya
Industrialisasi
3.
Produktifitas
dunia industry semakin meningkat
4.
Mempermudah
dalam menjagkau ruang lingkup lingkup bisnis dengan skala hingga internasional
5.
Dalam dunia maya
kita bisa berjualan online , dimana shop online tidak membutuhkan modal
berjualan sama sekali , tidak seperti membangun toko ataupun kios .
Dampak Negative dari Internet untuk Ekonomi
1.
Banyak penipuan
berkedok Online shop.
2.
Mudahnya membobol
rekening suatu online shop via internet.
3.
Persaingan tidak
sehat.
Sumber:

Terima kasih atas informasinya, yuk kunjungi juga UNIMUDA Sorong dan UHAMKA
ReplyDelete